Beredar 3 Nama Pejabat Kabinet Jokowi Bakal Dilantik Rabu Sore Nanti

JAKARTA, MEDIATA.ID — Telah beredah luas di dunia maya tiga nama pejabat Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal dilantik hari ini, Rabu 28 April 2021.

Bila sesuai jadwal, isu reshuffle tersebut berlangsung sore nanti. Informasinya, ada dua menteri dan satu kepala lembaga negara setingkat menteri.

Ketiga calon pejabat yang namanya beredar yakni Nadiem Makarim, Bahlil Lahadalia, dan Tri Handoko.

“Iya, betul [akan ada reshuffle hari ini],” kata seorang sumber dikutip di laman CNBCIndonesia, Kamis 28 April 2021.

Informasinya, nomenklatur kementerian berubah. Melebur Kementerian Riset dan Teknologi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Investasi baru dibentuk. Hal ini jadi kuat dugaan terjadinya reshuffle kabinet.

Sumber CNBCIndonesia menyebut menteri yang akan dilantik Jokowi merupakan pejabat lama. Mereka adalah Nadiem Makarim sebagai mendikbudristek dan Bahlil Lahadalia sebagai menteri investasi.

Selain itu, Jokowi juga dipastikan akan melantik Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN). Posisi Kepala BRIN akan ditempati Laksana Tri Handoko, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Sumber tersebut juga memastikan bahwa Bambang Brodjonegoro, yang mulanya menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN, memutuskan untuk mengundurkan diri.

“[Beliau] mundur. Mungkin udah tahu mau diganti,” katanya.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin menyatakan masih menunggu kabar kepastian reshuffle kabinet. Ngabalin menyebut, sampai Selasa (27/4/2021) pukul 15.00 WIB, belum ada geladi pelantikan menteri baru.

“Sampai sore ini belum ada petunjuk, arahan, persiapan sama sekali. Tetapi kalau ada pelantikan pasti terbuka. Kita tunggu bareng-bareng,” kata Ngabalin saat dimintai konfirmasi terpisah, Selasa (27/4/2021).

Ia menyebut DPR sudah menyetujui peleburan Kemendikbud dengan Kementerian Riset dan Teknologi serta pembentukan Kementerian Investasi. Ngabalin berjanji memberi informasi terkini terkait reshuffle dan tak akan menutupinya. (*)

Comment