Bupati Kepulauan Selayar Audiens ke Wapres RI

JAKARTA , MEDIATA.ID– Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali melakukan audiens khusus dengan Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin.

Bupati Basli Ali didampingi Kepala Bappekitbangda, dan Kadis PUTR¬† Kepulauan Selayar, diterima Langsung Wapres Ma’ruf Amin di Kediaman Resmi Wapres RI yang terletak di Jalan Diponegoro Jakarta Pusat, pada Senin (15/8)

Dikonfirmasi, Bupati Kepulauan Selayar mengatakan kunjungannya dalam rangka memohon dukungan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana gempa Larantuka NTT yang berdampak pada dua wilayah kecamatan di Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Permohonan dukungan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana gempa, serta pemulihan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di wilayah terdampak bencana yakni Kecamatan Pasimarannu dan Pasilambena” Jelas Basli Ali

Dihadapan Wapres, Bupati dua periode ini mengungkapkan bahwa dirinya memaparkan kondisi geografis dan demografis wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar, serta melaporkan secara rinci dampak gempa yang terjadi pada 14 Desember 2021 lalu.

“Kami laporkan semua, Kerusakan bangunan, retakan tanah dan gerakan tanah pasca gempa, termasuk kerusakan infrastruktur seperti jalan, pengaman pantai dan pelabuhan” ucapnya

Khususnya, penurunan tanah hingga 1,5 Meter yang terjadi pada pemukiman warga di Latokdok Pasilambena, hingga keluh kesah dan kondisi warga pasca terjadi bencana gempa, imbuh Bupati merinci penyampaianya pada Wapres RI.

Bupati Basli Ali juga menyebut bahwa kesempatan tersebut juga dimanfaatkan untuk menyampaikan beberapa usulan bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur, serta permohonan dukungan Pembangunan Infrastruktur sebagai upaya migitasi bencana, maupun usulan pemulihan ekonomi pasca bencana dibeberapa sektor.

Menanggapi itu, Wapres RI Ma’ruf Amin menegaskan komitmen dan dukungannya selaku pemerintah¬† dalam upaya percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur pasca bencana di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sebut Bupati Basli menyampaikan tanggapan Wapres.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan salah satu wilayah terdampak atas kejadian bencana gempa bumi 7,4 magnitudo di Flores Timur Nusa Tenggara Timur pada 14 Desember 2021 yaitu pada Kecamatan Pasilambena dan Kecamatan Pasimarannu.(:)

Comment