Dinsos Makassar Terima Santunan dari Kemensos sebesar 517 Juta

07/16/2019 SHARE TWEET
MEDIATA.ID — Dinas Sosial Kota Makassar, menerima santunan dari Kementrian Sosial, sebesar Rp.517.250.000 di Kelurahan Sudiang Raya, Kec.Biringkanaya, Selasa (16/7/2019).

Hal ini sekaligus mendukung program dari TNI yakni TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 Tahun 2019 untuk masyarakat yang membutuhkan.

Penerimaan tersebut dihadiri langsung Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita meliputi:

-Paket sembako 150 paket
-Perlengkapan sekolah 75 paket
-Rumah tidak layak huni 15 uni
-Kursi roda 3 buah
-Alat bantu drngar 2 buwh
-Perlengkapan ibadah 10 unit

Gumiwang Kartasasmita menuturkan bantuan yang diserahkan ke warga Kelurahan Sudiang Raya Kota Makassar merupakan bentuk sinergi Menteri Sosial dengan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-105 Tahun 2019.

“Kerjasama ini merupakan wujud gotong-royong untuk menangani permasalahan sosial dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khusunya di Kota Makassar,” ungkap Gumiwang.

Menurutnya, hal ini didasari semangat gotong-royong. Ia berharap terus dapat dilaksanakan dalam upaya memperkuat Ketahanan Nasional melalui pendekatan kesejahteraan sosial.

“Kondisi pembangunan dewasa ini menunjukkan bahwa jumlah penduduk miskin cenderung menurun dari tahun ke tahun. Namun jumlah tersebut relative masih sangat besar,” ujarnya.

Dirinya menyebut tingkat kemiskinan di Indonesia berdasarkan laporan yang dirinya terima dari Badan Pusat Statistik BPS per September 2018 angka kemiskinan sebesar 9,66% dari totol penduduk Indonesia sebanyak 25,67 juta jiwa.

“Jumlah penduduk miskin di wilayah pedesaan lebih besar dibanding wilayah perkotaan. Untuk itu TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang difokuskan pada wilayah Desa menjadi sangat tepat, sesuai dengan agenda prioritas pemerintah Nawacita ketiga yaitu,” ucapnya

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Akhmad Namsum mengatakan bantuan yang disalurkan Kementrian Sosial ke warga Kelurahan Sudiang Raya. Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Sosial Kota Makassar akan berkoodinasi dengan TMMD terkait dengan pengawasannya.

“Kami akan berkoordinasi sampai kepenerima dan Dinas Sosial bersama TMMD akan mengawasi langsung sehingga bantuan tersebut tepat sasaran,” pungkas Akhmad.

Amanah yang diberikan Dinas Sosial Kota Makassar sebagai fasilitator pengawasan sangat penting, menurut Akhmad agar bantuan tersebut yang disalurkan kepada warga Kelurahan Sudian Raya tepat sasaran.

“Kita menjadi fasilitator amanah ini yang diberikan kementrian sosial ke kami tujuannya agar bantuan ini tepat sasaran, adapun besaran bantuan bedah rumah yang diberikan untuk bedah rumah per unit sebesar Rp15 Juta,” ujarnya. (*)

Comment