Diskominfo-SP Kepulauan Selayar Sosialisasi Simpel Desa

SELAYAR,MEDIATA.ID – Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Kepulauan Selayar melaksanakan sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Desa (Simpel Desa), di Ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Senin (14/6/2021).

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M. Si, dengan peserta Kadis PMD bersama staf, Kadis Kominfo bersama staf serta para camat, lurah dan kepala desa.

Sedangkan narasumber yang dihadirkan adalah Manager Goverment dan Enterprises Telkom Witel Sulawesi, Bambang A. V. Rogito, bersama rombongan lainnya.

Sekda Kepulauan Selayar Marjani Sultan mengatakan sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dewasa ini, dimana pelayanan publik dituntut lebih cepat, lebih mudah dan lebih efisien, maka penyelenggaraan pemerintahan berbasis digital, sudah menjadi sebuah keniscayaan.

“Hal ini hanya bisa kita lakukan kalau sistem pemerintahan di Kabupaten Kepulauan Selayar dibangun dengan teknologi informasi. inilah yang menjadi tugas besar dari Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian, dan kita sangat optimis bahwa tugas besar ini insya Allah akan bisa dilaksanakan, karena sudah menjadi komitmen kami bahwa pemerintahan di Kabupaten Kepulauan Selayar sudah saatnya berbasis digital, dan tentunya tidak terlepas pula dari dukungan semua pihak,” kata Marjani Sultan

Dalam sambutannya, Marjani Sultan menambahkan pemerintahan di desa adalah pemerintahan yang sangat komprehensif, sehingga digitalisasi dan teknologi informasi sudah merupakan kebutuhan dalam rangka peningkatan pelayanan dan kemajuan perekonomian masyarakat desa.

Kepada narasumber, Sekda Selayar menyampaikan terkait kondisi geografis Kabupaten Kepulauan Selayar yang terdiri dari pulau-pulau kecil merupakan salah satu faktor penghambat optimalnya pelayanan di desa baik dalam hal penyampaian informasi maupun pelayanan administrasi yang dibutuhkan masyarakat. Disamping itu kata Marjani Sultan ketersediaan jaringan dan signal yang belum merata, serta kesiapan SDM menjadi salah satu permasalahan yang harus diatasi bersama antara pemerintah daerah dan pemerintah Desa.

Sedangkan plt. Kadis Kominfo SP Andi Imran, S. Sos dalam laporannya menyebutkan sosialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan memperkenalkan sistem informasi dan manajemen pelayanan desa dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Hingga berita ini diturunkan, sosialisasi Simpel Desa di Ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar masih berlangsung. (Diskominfo SP/Im)

Comment