Dispar Makassar Belum Izinkan THM dan Panti Pijat Beroperasi

MAKASSAR, MEDIATA.ID — Tempat hiburan malam (THM) dan panti pijat belum diizinkan beroperasi di tengah lonjakan penyebaran virus corona. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar, Rusmayani Madjid, Senin 2 Juni 2020.

“Kami tegaskan, belum memberi izin tempat hiburan malam (THM) dan panti pijat beroperasi. Sehingga belum bisa dibuka saat ini. Memang tak boleh dibuka karena belum ada anjuran dari Permenkes maupun Pemkot,” kata Rusmayani.

Dispar Makassar tengah melakukan rapat koordinasi pengawasan usaha industri pariwisata.

Turut hadir perwakilan 6 Kecamatan, Kecamatan Panakukang, Tamalate, Ujung Pandang, Wajo, Biringknaya, dan Tamalanrea.

“Kita sama-sama kecamatan koordinasi mengawasi wilayahnya agar tetempat hiburan tak dibuka, karena pandemi covid-19 masih tinggi. Termasuk pengawasan di lapangan Satpol penenrtiban dan sosialisasi protokol di restouran dan rumah makan libatkan Dinas Pariwisata,” tutur Maya.

Selaku pengawasan tempat industri usaha, Maya menegaskan, Dispar akan berkoordinasi juga dengan Dinas terkait agar memberikan sanksi tegas kepada tempat huburan yang melanggar.

“Kami tegaskan THM dam pijat belum buka, jika pengelola melanggara sanksi tegas menanti. Kalau ditegur tak ada dengar maka diberikan sanksi cabut izin,” tegasnya.

Sedangkan, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata dan Ekpnomi Kreatif (Disparekraf) Kota Makassar, Andi Karunrung menambahkan, hasil dari rapat bersama pihaknya akan tingkatkat sosialisasi protokol kesehatan serta edukasi ke pengelola tempat hiburan.

Oleh sebab itu, dia mengimbau seluruh warga masyarakat untuk menghindari tempat-tempat keramaian. Termasuk THM dan panti Pijat karena berdampak pada kerumunan dan sentuhan fisik. (*)

Comment