Gubernur Sulsel Tegaskan ke Seluruh Kadis untuk Optimalkan PPID Pelaksana

MAKASSAR, MEDIATA.ID — Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menginstruksikan kepada seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel untuk mengoptimalkan eksistensi atau keberadaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di masing masing OPD-nya.

“PPID pelaksana di masing-masing OPD harus berfungsi dengan baik. Menginformasikan program prioritas eksisting dan progresnya kepada publik. Para kepala dinas harus fungsikan dan dioptimalkan PPID-nya. Ke depan, bekerja tidaknya PPID OPD Jadi salah satu variable penilaian TPP,” ujar Andi Sudirman dalam Coffee Morning dengan seluruh kepala OPD lingkup Pemprov Sulsel, Senin (12/8/2022) di ruang rapat pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Makassar.

Menurut Andi Sudirman, PPID adalah garda terdepan dalam menyediakan dan mempublikasikan informasi penting kepada masyarakat dari OPD masing masing.

Dinas Kominikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Sulsel sebagai PPID Utama Sulsel, lanjut Andi Sudirman Sulaiman juga harus mampu mengoptimalkan keberadaan PPID Utama dengan melakukan terus pembinaan di tingkat PPID pelaksana di masing masing OPD.

“Wajib masyarakat tahu program apa yang dilakukan masing masing OPD. siapkan dokumen yang akan diInformasikan ke masyarakat supaya masyarakat tahu. Dinas Kominfo Sulsel saya minta ditingkatkan PPID (PPID utama dan PPID pelaksananya) ,” tegas Sudirman Sulaiman.

Sekadar diketahui, berdasarkan UU nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, kehadiran PPID pelaksana dan PPID utama di masing masing badan publik wajib aktif dalam melaksanakan tugas dan fungsinya menyiapkan dan mengolah informasi yang wajib disajikan ke publik. Jenis informasi itu adalah informasi berkala, serta merta, setiap saat dan jenis informasi yang dikecualikan. (*)

Comment