Kapolres Dan Muspida Selayar Panen Raya Bawang Merah Dan Ikan Gurame

SELAYAR,MEDIATA.id- Panen perdana bawang merah dan ikan gurami, dilaksanakan di kebun Kamtibmas Kelurahan Pura Bangun, Kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Senin (12/11/2018).

Hadir dalam pelaksanaan panen bawang merah dan ikan gurame, Kapolres, AKBP Taovik Ibnu Subarkah, S Ik, Bupati Kepulauan Selayar, diwakili Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan (PKP), Ir. Ismail, Ketua PA, Abd Rahman Salam , S Ag, MH, Sekretaris PKP, Patta Amir, SP. Lurah Pura Bangun, Lurah Putabangun, Suharmiani, S STp, dan undangan lainnya.

Laporan pengelola Kebun Kamtibmas Polres Kepulauan Selayar, Aipda Hasan, menyampaikan bahwa, sejak tahun 2014, pengelolaan kebun Kamtibmas diawali dari desa Bontomarannu, untuk bersinergi antara masyarakat dan pemerintah.

Untuk lebih meningkatkan ketahanan pangan didaerah ini, sehingga kebun Kamtibmas dilakukan karena belum ada masyarakat Selayar yang memulai dan kebun Kamtibmas yang mengawali.

Sementara itu Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP Taovik Ibnu Subarkah, S IP, dalam sambutannya, mengatakan bahwa, potensi pengelolaan perkebunan Kamtibmas, didaerah ini, berbeda beda, sehingga dapat disesuaikan dengan lahan yang ada atau komoditas apa yang sesuai.

Selain itu Kapolres juga menghimbau kepada seluruh Bhabinkamtibmas di Polres Kepulauan Selayar, untuk mengembangkan potensi komoditi dan lahan pertanian diwilayahnya masing masing.

Sementara itu Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan mewakili Bupati H. Muh Basli Ali, sangat mengapresiasi yang tinggi kepada jajaran. polres yang telah membangun sinergitas dengan Distan dan Ketahanan Pangan, serta DKP, dalam melahirkan inovasi membangun sektor Pertanian dan Perikanan, kearah yang lebih baik.

Panen bawang merah dan ikan gurami, sebagai bukti, bahwa sesungguhnya banyak komoditas alternatif yang dapat dikembangkan ke sektor pertanian dan perikanan sebagai komoditas alternatif.

Sekedar mengingatkan diawal kepemimpinan Bupati dan Wabup, dirumuskan bersama gambaran realitas masa depan yang ingin dituju dalam kurun waktu lima tahun ke depan adalah “terwujudnya masyarakat maritim. Yang sejahtera berbasis nilai keagamaan dan kultural”.

Sesuai rumusan visinya bahwa “salah satu pokok pikiran yang terkandung, adalah adanya keinginan untuk membawa masyarakat Selayar menjadi masyarakat sejahtera.

Kedepan Bupati berharap melalui Asisten Administrasi, Drs. Dahlul Malik, bahwa uji coba seperti ini harus terus diperluas untuk macam komoditas, tidak terbatas pada bawang merah dan ikan gurame saja.

Melainkan pada komoditas lainnya yang bersifat jangka pendek, yang bernilai ekonomis serta memiliki dampak strategis dalam menekan laju inflasi daerah seperti komoditas pangan padi dan palawija serta sayur sayuran.

Pemanfaatan lahan kamtibmas sebagai laboratorium komoditas, harus dimanfaatkan sebagai media informasi. (MUH.JUFRI)

Comment