Panwas Benteng Selayar Gelar Rapat Koordinasi Pengawasan Pemilu Partisipatif 2019

SELAYAR,MEDIATA.id- Dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) DPR, DPD dan DPRD serta Pemilihan Umum Persiden dan Wakil Persiden Tahun 2019 Panwas Benteng melakukan sosialisasi bertempat di Warkop Tanadoang jl. S. Parman No.11A Kelurahan Benteng Selatan, Kecamatan Benteng, dengan tema ” Rapat Koordinasi Pengawasan Pemilu Parsitipatif.” Hal ini Panitia Pengawasan (Panwas) Kecamatan Kota Benteng mengajak masyarakat untuk bersama sama melakukakan pengawasan parsitipatif, Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakan Keadialan Pemilu.

Hadir Ketua Komisioner Bawaslu Kabupaten Kepulauan Selayar Suharno SH., Ketua Panwaslu Kecamatan Benteng Muhammad Nur Walid, Camat benteng Drs Patta Tonra, Kapolsek Benteng AKP Matius Minggu Tappi, SH., PPK Kecamatan Benteng, Danpos Koramil Kecamatan Benteng Pelda Marwan, Tokoh Agama, para Ketua Partai/LO se-Kabupaten Kepulauan Selayar, Senin 26/11/18.

Menurut Bawaslu Kabupaten Kepulauan Selayar, Suharno, SH., menyampaikan ada pihak-pihak yang dilarang oleh undang undang melalukan kampaye pemilu diantaranya TNI-Polri, ASN dan Kepala Desa.

Suwarno menjelaskan bahwa ada beberapa sanksi larangan diantara pasal 280 ayat 2 bahwa setiap pelaksana dan atau tim kampaye pemilu yang melanggar larangan sebagaimana dimaksud diatas dapat dipidana dengan pidana kerungan paling lama satu tahun dan denda RP 12 juta.

“Selain itu pentingnya Koordinasi antar lembaga, misalnya penegakan hukum terhadap Alat Peraga Kampaye APK adalah salah satu tugas Satuan Polisi Pamon Praja dan juga ada tim Penegakan Hukum Terpadu ( Gakumdu),” ujar Suharno.

Camat Benteng Drs Patta Tonra sebagai pemateri Rapat Koordinasi pengawasan pemilu Parsitipatif yang dilaksanakan oleh Panwaslu Kecamatan Benteng mengatakan bahwa mengibaratkan sebuah proses pengawasan pemilu yang sulit di jangkau, mengacu ke teori manejemen ada beberapa teknik yang bisa dilakukan yaitu mulai dari diri sendiri.

“Semua elemen masyarakat perlu menyatukan komitmen bersama dalam menjaga keberlangsungan demokrasi dalam rangka pemilihan umum 2019 adalah mutlak keterlibatan semua pihak dalam menjaga dan mengawasi pemilu.” ujar Patta Tonra.

Camat Benteng ini menambahkan bahwa Pengawasan partisipatif adalah bagian penting untuk menyambut Pemilu 2019 sukses, berkualitas dan bermartabat, manejemennya adalah mulai dari diri sendiri dan memperbaiki hubungan silaturrahim. (Muh Jufri)

Comment