Rapat Kerja Kampung KB, Kades Minta Semua Pihak Berkolaborasi   

LUTIM,MEDIATA.ID-Kelompok Kerja (Pokja)  Kampung KB Desa Atue Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur, melaksanakan rapat kerja, Kegiatan ini berlagsung di Aulah Kantor Desa Atue, Jumat (04/06/2021).

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Desa Atue Abdul Hamid, BSc, mengemukakan bahwa Kolaborasi ( kerja sama) dari semua pihak terkait merupakan kunci keberhasilan dalam pelaksanaan Kampung KB, Hal itu disampaikan dalam rangka  rapat kerja Pokja (Kelompok Kerja) baru-baru ini.
Abdul Hamid menambahkan, bahwa Kampung Keluarga Berencana (KB) adalah program bidang kependudukan yang sejalan dengan agenda prioritas pembangunan pemerintah (Nawacita) yaitu memperkuat daeraah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.
Kampung KB merupakan tempat terintegrasinya program pembangunan dari seluruh lintas sektor. Lingkup Kb tidak hanya fokus pada kegiatan program saja, melainkan ada kegiatan kesehatan reproduksi, ketahanan dan pemberdayaan keluarga, pembangunan pemukiman, pendidikan, hingga peningkatan sosial ekonomi masyarakat. Maka pada pelaksanaan Kampung KB, lintas sektor dilbatkan secara aktif, kata Hamid.

Ditempat yang sama, Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk KB Kabupaten Luwu Timur, dr.Adnan, mengatakan Faktor utama keberhasilan Kampung KB, yakni komitmen kuat dan pemngku kebijakan di semua tingkatan, integrasi lintas sektor, optimalisasi fasilitas dan dukungan mitra kerja, semangat dan dedikasi pengelolan kampung KB, termasuk petugas lini lapangan KB dan partisipasi masyaraakat.sehingga kolaborasi adalah kunci keberhasilan sehingga pentingnya keterlibatan semua pihak, Katanya.

Diakhir acara, koordinator Penyuluh KB Kecamatan Malili Supii, S.Sos.I, juga menyampaikan bahwa Raker (Rapat Kerja) Pokja kampung KB  hari ini terdiri dari kegiatan Tribina yakni  Bina Keluaga Balaita ( BKB ),  Bina Keluarga Remaja ( BKR ), dan  Bina Keluarga Lansia (BKL) Dan juga Kegiatan Lini lapaangan, menyangkut Tenaga lini lapangan yang didalamnya terdapat kader / Intitusi Masyarakat Pedesaan ( IMP ). (Muis Muhammad )

Comment