Ternyata oh Ternyata, Rajin Makan Wortel Tingkatkan Sperma Pria

MEDIATA.ID — Ada banyak manfaat sayuran wortel untuk kesehatan. Diantara banyak manfaat wortel, kebanyakan orang mengenalnya sangat baik untuk mata. Sayuran yang sangat mudah dijumpai di pasar ini, kandungan vitamin A bekerja melindungi dari penyakit rabun, katarak dan lainnya.

Tak hanya berguna untuk penyakit mata, manfaat konsumsi wortel dapat meningkatkan metabolisme, menjaga kesehatan jantung, melawan radikal bebas, menurunkan kolesterol, menurunkan risiko kanker dan segudang manfaat baik lainnya.

Dikutip dari mother & baby indonesia, sebuah penelitian dari Harvard University di Amerika Serikat, menemukan bahwa wortel dapat meningkatkan kinerja sperma.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa, wortel bukan hanya baik untuk kesehatan mata, tetapi dapat membantu kinerja sperma jadi lebih baik.

Sebanyak 200 pria mengikuti diet yang disertai dengan konsumsi berbagai buah dan sayuran untuk menguji efek yang terjadi pada sperma mereka. Hasilnya, jenis sayuran berwarna jingga ini diklaim dapat meningkatkan kinerja sperma.

Dilansir dari Boldsky, sebuah studi mengatakan bahwa masalah kesuburan memengaruhi jutaan pasangan di seluruh dunia. Penyebabnya bervariasi, mulai dari gaya hidup yang buruk, seperti kurangnya aktivitas fisik, pola makan yang tidak sehat, kesibukan pekerjaan, pola tidur yang salah, kebiasaan merokok, hingga kurangnya nutrisi, semuanya bisa berakibat pada masalah kesuburan seorang pria.

Sebuah penelitian menemukan sekitar 30-80 persen subfertilitas (kesulitan mendapat kehamilan meski berhubungan seks secara teratur) pada pria disebabkan kerusakan akibat stres oksidatif pada sperma. 1 dari 20 pria mengalami masalah ini.

Perlu diketahui, sperma sangat sensitif terhadap kerusakan oksidatif karena tidak mengandung sistem perbaikan sel seperti sel lain. Inilah sebabnya mengapa kerusakan sel akibat radikal bebas dikaitkan dengan air mani yang buruk dan penurunan tingkat pembuahan dan kehamilan.

Akan tetapi, antioksidan dalam sayuran dan buah efektif meningkatkan kesuburan dan kualitas sperma dengan cara membasmi radikal bebas penyebab kerusakan oksidatif. Nah, wortel mengandung vitamin C dan beta karoten, dua antioksidan yang berperan penting dalam memastikan kualitas sperma.

Antioksidan membantu mengurangi kerusakan oksidatif, peradangan kronis, dan kerusakan DNA, sehingga meningkatkan kualitas dan fungsi sperma. Wortel juga membantu mencegah ejakulasi dini karena adanya karotenoid dan flavonoid yang membantu memperkuat otot-otot organ pria. Karena itu, wortel dapat membantu meningkatkan kesuburan pria karena kaya nutrisi yang baik untuk kualitas sperma.

Meskipun begitu, mengonsumsi wortel bukanlah faktor tunggal untuk kualitas kesuburan seorang pria. Studi lain juga menyebutkan bahwa asam folat, vitamin D, dan asam lemak omega-3 juga berperan dalam membantu meningkatkan kesuburan pria.

Di sisi lain, Anda juga mesti menjalankan pola hidup sehat seperti rutin melakukan aktivitas fisik, berhenti merokok, dan menjalani diet yang tepat. Pada akhirnya, semua faktor itu dapat secara signifikan membantu meningkatkan kesuburan pria hingga tingkat yang memuaskan. (M&Bi)

Comment