Bank Sulselbar Selayar Kerjasama Pengelolah Kawasan Wisata Puncak Tanah Doang Melalui Digitalisasi Transaksi Non Tunai

SELAYAR, MEDIATA.ID – PT. Bank Sulselbar Cabang Selayar menjalin kerjasama dengan pengelolah Kawasan Wisata Puncak Tanah Doang untuk meningkatkan layanan bagi wisatawan melalui digitalisasi transaksi non tunai.

MoU tersebut yang ditandatangani pada tanggal 7 Mei, disepakati bahwa PT. Bank Sulselbar Cabang Selayar akan menyediakan berbagai infrastruktur dan layanan digital untuk mendukung transaksi non tunai di kawasan Wisata Puncak Tanah Doang.

 

“Kerja sama ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas layanan dan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan Wisata Puncak Tanah Doang,” ujar Andi Alang, Kepala Desa Bontomarannu, Selasa (4/5/2024).

 

Kawasan Wisata Puncak Tanah Doang, sebuah destinasi wisata alam yang terletak di Desa Bontomarannu Kecamatan Bontomanai Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan yang berada di atas dataran tinggi sehingga pemandangan sangat memanjakan pengunjungnya.

 

“Digitalisasi transaksi non tunai akan mempermudah dan mempercepat proses pembayaran bagi wisatawan, sehingga mereka dapat menikmati pengalaman wisata yang lebih nyaman dan menyenangkan,” tambahnya.

 

Menurut Pimpinan PT. Bank Sulselbar Cabang Selayar Muh. Nasrum saat ditemui di kantornya, Selasa (4/5), mengatakan Kawasan Wisata Puncak Tanah Doang dikelola oleh pemerintah desa.

 

Kawasan ini sangat ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam dengan udara yang sejuk sehingga sangat penting adanya fasilitas digitalisasi transaksi non tunai.

 

Digitalisasi transaksi non tunai diharapkan dapat meningkatkan pendapatan desa dan masyarakat sekitar, serta mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

 

Manfaat Digitalisasi Transaksi Non Tunai di kawasan Wisata Puncak Tanah Doang desa Bontomarannu yakni meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi wisatawan melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat menggunakan Qris atau dompet digital.

 

Meningkatkan pendapatan desa dan masyarakat sekitar dan kawasan Wisata Puncak Tanah Doang dapat memperoleh keuntungan dari biaya transaksi non tunai, dan masyarakat sekitar dapat membuka usaha baru untuk mendukung infrastruktur digital.

 

Mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Digitalisasi transaksi non tunai dapat meningkatkan daya tarik Wisata Puncak Tanah Doang, sehingga menarik lebih banyak wisatawan dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

 

Kerja sama ini merupakan contoh nyata bagaimana digitalisasi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas layanan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah terpencil. 

 

Kawasan Wisata Puncak Tanah Doang desa Bontomarannu dan PT. Bank Sulselbar Cabang Selayar menjadi pionir dalam penerapan digitalisasi transaksi non tunai di Kabupaten Kepulauan Selayar, yang diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa wisata lainnya di Indonesia dan khususnya di Kabupaten Kepulauan Selayar.(**)

Comment