BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Makassar 14-16 Januari, Pembelajaran Siswa Berpotensi Dialihkan ke Daring

MAKASSAR, MEDIATA.ID— Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di Makassar pada 14-16 Januari 2024. Akibat curah hujan tinggi.

Hal itu ditanggapi Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar. Melalui Surat Edaran bernomor 0205/Edar/I/2024.

“Menyikapi cuaca ekstrim atau hujan lebat yang terjadi di Kota Makassar khususnya, maka hal tersebut diperkirakan masih terjadi pada tanggal 14-16 Januari 2024,” dikutip fajar.co.id dari edaran yang diterima, Minggu (14/1/2024).

Edaran yang ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin itu ditujukan kepada Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD),  dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Ada lima hal yang disampaikan. Pertama, jika terjadi kondisi yang tidak memungkinkan untuk belajar secara luring, maka pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dialihkan.

“Dilakukan dengan PJJ atau Daring (Dalam Jaringan), sehingga para peserta didik tetap dapat belajar di rumah masing-masing,” ujarnya.

Kedua, Kepala Sekolah bersama seluruh Dewan Guru dan Tenaga Kependidikan lainnya melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi di lingkungan sekolah.

Ketiga, menyampaikan laporan secara tertulis kondisi terkini di lingkungan sekolah kepada Dinas Pendidikan Kota Makassar yang akan digunakan sebagai bahan evaluasi.

Empat, kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan agar menghindari aktivitas luar yang mungkin dapat membahayakan keselamatan diri dan peserta didik.

Lima, Dinas Pendidikan segera membuat Posko dan Tim Tanggap Cuaca Ekstrim untuk memantau kondisi sekolah-sekolah di Kota Makassar, dan melaporkan kepada Walikota.(Fjr)

 

Comment